Fastconnect.id-Kenapa PIP tidak cair padahal sudah terdaftar? Masalah ini sepertinya cukup umum mengingat banyaknya pertanyaan serupa yang dilontarkan oleh penerima Program Indonesia Pintar.
Alasannya sendiri beragam, bisa disebabkan oleh kesalahan data di Dapodik, atau memang prosesnya yang belum selesai. Umumnya, proses pencarian ini memakan sedikit waktu.
Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah dana PIP yang tidak juga masuk ke dalam rekening?
Ada dua cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan mengecek status penerima PIP secara online, atau dengan mendatangi sekolah secara langsung.
Penyebab Dana PIP belum juga Cair
Untuk penyebabnya sendiri ada beberapa, dan sebagian besarnya bisa dikategorikan sebagai berikut:
- Surat Keputusan (SK) Pemberian belum Terbit
Alasan pertama kenapa dana belum juga cair disebabkan oleh Surat Keputusan yang belum diterbitkan. Surat Keputusan tersebut diterbitkan oleh Kemendikbud Ristek, atau Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Isi dari SK tersebut adalah nama siswa yang berhak menerima Program Indonesia Pintar. Jika surat ini masih belum diterima, atau diterbitkan, maka dana tidak akan cair walaupun rekening sudah diaktifkan.
- Ada Kesalahan Input di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
Masalah berikutnya disebabkan oleh kesalahan data yang sudah Anda masukkan ke dalam Dapodik. Contohnya adalah NIK, dan NISN yang tidak sesuai, meskipun tidak terlalu besar, hal ini akan mempengaruhi proses pencairan.
Jika dirasa data siswa terdapat perbedaan, Anda bisa mencoba datang langsung ke sekolah, dan meminta guru yang bersangkutan untuk mengupdate-nya di sistem.
- Siswa Sudah Tidak Memenuhi Kriteria Penerima
Syarat pertama bagi siswa untuk menerima PIP adalah memenuhi kriteria. Jika penerima sudah dianggap tidak memenuhi, maka pencairan tidak akan bisa dilakukan meskipun rekening dalam kondisi aktif.
- Dana Sudah Cair Sebelumnya
Penyebab berikutnya adalah dana yang sudah cair pada termin sebelumnya. Karena program ini memiliki jadwal, maka uang tidak akan cair lagi dalam waktu dekat.
- Data Tidak Terdaftar dalam DTSEN
Masalah lain yang mempengaruhi kriteria penerimaan adalah data yang tidak terdaftar di DTSEN. Jika informasi keluarga masih belum terdaftar dalam data yang diolah Kementerian Sosial, sistem bisa menolak, dan menganggap siswa tidak memenuhi syarat.
- Masih belum Jadwalnya
Layaknya bansos lain yang memiliki jadwal tertentu, PIP juga memiliki jadwalnya sendiri. Jika dari sekolah belum ada informasi mengenai pencairan dana, maka rekening yang sudah aktif pun tidak akan menerima uang dari program ini.
Cara Mengatasi PIP tidak Kunjung Cair Padahal Sudah Terdaftar?
Hubungi Pihak Sekolah
Cara pertama untuk mengatasi dana PIP yang masih belum cair meskipun rekening sudah aktif adalah menghubungi pihak sekolah. Jika dirasa siswa lain sudah menerimanya, namun anak Anda belum padahal sudah terdaftar, menghubungi sekolah adalah cara terbaik.
Cek Data Penerima PIP Secara Online Lewat Laman Resmi Kemendikdasmen
Lakukan pengecekan lewat laman resmi kemendikdasmen, caranya adalah sebagai berikut:
- Akses laman resmi Kemendikdasmen melalui tautan ini, https://pip.kemendikdasmen.go.id
- Klik pada bagian “Cek Penerima PIP”
- Masukkan data yang dibutuhkan yaitu NISN, NIK, dan nama lengkap siswa
- Klik cari
- Kemudian cek status penerimaan, dan informasi mengenai pencairan.
Cek Jadwal Pencairan
Jadwal pencairan Program Indonesia Pintar untuk tahun 2025 menjelang akhir tahun adalah pada bulan Oktober sampai Desember. Jika di Oktober atau bulan-bulan sebelumnya siswa sudah mendapatkan dana, maka pada periode ini uang tidak akan dicairkan kembali.
PIP sendiri hanya disalurkan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam setahun. Untuk jadwal penyaluran, Anda bisa kunjungi pihak sekolah, atau cek langsung lewat halaman resmi Kemendikdasmen.
Sesuaikan Data di Dapodik
Langkah berikutnya adalah dengan mengecek data siswa di Dapodik. Pastikan data siswa sesuai dengan apa yang ada di sekolah. Perbaikan data bisa dilakukan melalui sekolah masing-masing.
Bagaimana cara mengetahui data siswa tidak sinkron? Proses login di halaman resmi Kemendikdasmen untuk cek jadwal penyaluran Program Indonesia Pintar biasanya tidak bisa dilakukan.
Cara Mengetahui Kapan PIP Disalurkan ke Rekening Siswa
Program Indonesia Pintar tidak disalurkan setiap bulan. Ada gelombang atau terminnya sendiri, dimana pemerintah biasanya memberikan informasi ke sekolah mengenai penyaluran dana PIP.
Jika dilihat dari kebijakan pemerintah mengenai program ini, PIP hanya disalurkan 1 atau 2 kali dalam setahun. Informasi mengenai penyaluran bisa kamu akses melalui sekolah secara langsung.
Umumnya, pihak sekolah akan memberikan informasi terkait pencairan di rekening siswa, dan meminta orang tua berkumpul untuk mengambilnya di bank terdekat.
Informasi lainnya bisa di akses melalui https://pip.kemendikdasmen.go.id dimana Anda bisa mengecek beberapa informasi terkait siswa dan juga penyalurannya.
Penyebab kenapa PIP tidak juga cair meskipun rekening sudah aktif memang beragam. Namun, sebagian besarnya bisa Anda atasi sendiri jika tahu dimana letak kesalahannya.
Hal umum yang sering menjadi penyebab utama adalah data yang tidak sinkron dengan yang ada di Dapodik, Surat Keterangan yang belum terbit (mencakup nama penerima program), dana yang sudah cair pada termin sebelumnya.
Untuk orangtua siswa yang kurang mengerti teknologi, sebagian besar solusinya bisa diselesaikan melalui sekolah. Khususnya mengenai data yang tidak sinkron, sehingga mempengaruhi pencairan dana.
Jika semua data sudah dirasa benar, hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menunggu informasi mengenai pencairan PIP ke rekening masing-masing siswa. Pastikan sudah masuk jadwalnya, dan lakukan pengecekan melalui bank, atau warung internet.